Info

Tiga Penyebab Jenuh Dalam Bekerja

nawakMLGSetiap akan berangkat kerja, Anda butuh upaya ekstra keras untuk berangkat ke kantor/tempat kerja anda. Bahkan, agar sampai ke tempat kerja, kita harus punya motivasi tersendiri. Sehingga niat dari rumah, sudah jarang ada yang bekerja, tapi sudah merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Jika grafik ini terus dipertahankan, maka raport kerja anda dijamin pasti sangat buruk, dan perusahaan anda juga akan mengalami kerugian dari hal kecil hingga hal yang besar dan terakhir ” Ancaman pemecatan ” akan menghampiri anda. Ini sebenarnya merupakan masalah kejenuhan di tempat kita kerja. Kadang, kita tidak akan menyadarinya hingga berapa lama. Terkadang keluar dari kejenuhan ini menjadi hal yg sangat sulit. Dan berikut ini ada 3 penyebab paling sering terjadi dalam kejenuhan bekerja dan bagaimana cara mengatasinya :

  • Arah yang tidak jelas

Anda sudah berada di posisi kerja yang sekarang untuk sekian lama, tetapi tidak pernah ada kejelasan bagi anda kapan akan diangkat menjadi karyawan tetap atau mungkin akan naik jabatan. Anda berpikir jika anda sudah membuktikan diri secara maksimal, tetapi entah kenapa, selalu kolega – kolega anda yang mendapatkan proyek dengan high profile, perhatian dari big bos / atasan, serta promosi yang menggiurkan. Dalam situasi seperti ini, akan akan lebih bijaksana jika anda menera ulang / check kembali diri anda, untuk bisa mengerti halangan potensial apa saja yang mencegah anda untuk lebih maju secara profesional & maksimal. Suatu contoh, apakah Anda sudah memiliki kemampuan yang tepat untuk menangani sebuah tanggung jawab yang lebih, atau bisakah anda meningkatkan kemampuan utama / kunci? Apakah Anda sudah memiliki reputasi yang positif di tempat kerja? , dan apakah pernah ada permintaan atasan yang tidak sanggup Anda penuhi ? Atau bertabrakan dengan para kolega anda? Pernahkan atasan anda memberi tahu apa kelemahan anda ? dan adakah ada upaya dari diri anda untuk menanggulanginya? Mungkin Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu bisa membantu Anda menentukan langkah ke depan agar anda bisa merasa hidup dalam bekerja.

Tips : Tentukan arah bagi diri anda & Tentukan Target untuk semua hal yang ada dalam lingkup kerja anda (misal : apa yang harus anda kerjakan hari ini, apa yang harus anda pelajari minggu ini, dan apa yang sudah kita berikan pada perusahaan kita) berpikirlah positif dan tetap semangat dalam bekerja.

Alasan : Penetapan Cita – cita, Arah dan tujuan yang sangat jelas merupakan motivasi sangat berharga bagi kita saat bekerja. Tanpa tujuan yang jelas, maka yang kita dapat hanyalah kehampaan.

  • Pekerjaan yang Anda lakukan membosankan

Pada awal bekerja, Anda sangat mencintai variasi dan kecepatan kerja yang ada di hadapan anda. Tapi saat pekerjaan berulang datang, itu yang kadang membuat Anda ingin marah dan bahkan sedih, atau bisa jadi Anda sudah tidak lagi menikmati semua pekerjaan yang Anda kerjakan, dan ini sangat menyulitkan bagi anda untuk mencari tahu apa langkah selanjutnya.

Tips : Cara terbaik untuk memulainya adalah dengan membuat daftar aspek pekerjaan yang memberi Anda kepuasaan kerja. Contoh : jika Anda senang dg menyusun jadwal suatu acara, coba pertimbangkan apakah ada kesempatan lain untuk mencoba mengaplikasikan kemampuan itu didalam perusahaan tempat anda bekerja. Terlibat dalam suatu organisasi acara yang dilangsungkan oleh perusahaan setiap beberapa bulan sekali, seperti outbond / piknik pegawai, bisa membantu mendorong semangat dan memperbarui antusiasme karier anda. Pertimbangkan juga untuk mencoba mengikuti kegiatan yang merupakan hobi anda di luar spek dari pekerjaan Anda. Dan mengaplikasikan bakat anda dlm cara yang sangat menyenangkan bisa sangat membantu mengubah cara pandang anda terhadap kantor tempat anda bekerja.

Alasan : Ingat, bahwa kebosanan di tempat kerja tidak selalu berarti dengan hal negatif. Faktanya, mencapai titik datar profesionalisme bisa menjadi katalis terhadap perubahan yang sangat positif, dengan meningkatkan kepuasan dalam bekerja. Dengan mempertimbangkan minat anda dan mencoba mengambil tindakan untuk mencari kepuasan saat bekerja bisa bantu anda lebih bersemangat berangkat bekerja & menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal.

  • Kelelahan

Saat ini sepertinya ada banyak pergerakan yang membuat semua karyawan harus bisa multitasking. Anda pun juga jadi lebih sering pulang larut malam, mengerjakan tugas yg kadang anda rasa tidak rasional, tanggung jawab yg tinggi, tetapi tanpa bayaran yang setimpal. Meski pada awalnya tantangan yang diberikan membuat Anda bersemangat, tetapi lama kelamaan pekerjaan ekstra itu membuat anda mulai merasa tidak sebanding. Anda pun sudah mulai merasa kelelahan dengan tuntutan yang sangat tinggi dan tekanan monoton dari perusahaan dan Atasan Anda.

Tips : Maksimalkan Masa Libur kerja sebagai masa Refresh, Pengajuan Cuti, Kurangi jam Lembur & Maksimalkan jam kerja Efektif sebaik mungkin, Refresh Otak kita dengan hal yang kita anggap menyenangkan, Mencoba Memaksimalkan jam istirahat kerja.

Alasan : 61 % keletihan dikarenakan otak yang sangat jenuh, stress, bosan dan tekanan yang sangat tinggi. Dan 35 % keletihan dikarenakan kurangnya tidur / istirahat. Sedangkan 4 % disebabkan karena hal – hal lain.

Semoga bermanfaat, Jangan lupa #Ngipok / #Ngopi 1 gelas perhari dengan gula rendah kalori.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s