Entrepreneur, Info

7 Penyebab Bisnis Bangkrut

6 hal penyebab kebangkrutan, Anda perlu hati – hati :

  1. Tidak melibatkan Tuhan (Allah SWT). Inilah faktor terpenting, karena pada dasarnya semua yang ada di bumi ini milik Allah SWT. Dia yang mengatur kehidupan. Dan Dia pula yang berhak atas kehidupan ini. Rejeki kita yang memberi adalah Allah SWT. Jika kita kerja muter – muter tanpa melibatkan Allah. Padahal yang mengizinkan sukses hanyalah Allah.
  2. Bisnis Tanpa Ilmu dan tidak mau Belajar. Jadi Sangat tidak terarah dan tidak bertumbuh. Karena ilmu didapat dari belajar.
  3. Bisnis Tanpa Visi & Misi alias asal jalan. Akhirnya bisnis anda hanya jalan, tanpa bisa bertumbuh. Visi & Misi itu ibarat Target, Tujuan & Jalan.
  4. Bisnis tanpa 3D (Detail, Data & Dokumentasi). Jika kita menjual produk asal – asalan. Tanpa melibatkan data yang akurat, tentang apa yang dibutuhkan pasar atau barang apa yang sangat tidak diinginkan pasar. Kita hanya menciptakan produk / menjual produk menurut asumsi / presepsi kita saja.
  5. Bisnis tanpa kemampuan Management dan tata kelola Keuangan. Hal ini merupakan faktor paling utama, karena seberapapun tinggi omset anda tanpa tata kelola yang baik dalam hal keuangan/ management, dipastikan bisnis anda ambruk & bangkrut.
  6. Sehat secara fisik / psikis.
  7. Keras Kepala & Tidak Mau Menerima Masukan / Nasehat dari orang lain. Atau lebih kerennya mengaggap kita yang paling hebat. Penyakit seperti ini sering menjangkiti pada pengusaha yang pernah menguasai pasar / pengusaha dengan karakter IQ tinggi. Biasanya mereka hanya mau mendengarkan dari orang – orang yang sukses, kalo dari orang yang belum sukses, nasehatnya tidak dianggap. Padahal nasehat / ide bisa datang dari mana saja.

Meskipun ada bahnyak hal lagi penyebab kebangkrutan usaha, tapi 7 hal diatas merupakan dasar dari sebuah bisnis. Jika7 item diatas sudah dijalankan, Insyaallah anda pasti sukses.

Fariz – MLG management

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s