Info

Malang Destinasi Pantai Eksotis Yang Perawan

Tentang Hal Kecil
Ini hanya sekedar pengalaman pribadi yang coba saya rangkai dalam sebuah cerita yang mungkin menurut anda kurang menarik. Jika berbicara Pantai, memang banyak yang berpendapat jika Bali merupakan tempat wisata dengan pantai terbaik. Tapi hal itu tidak berlaku bagi saya, karena semua orang yang bilang wisata pantai di bali itu terbaik, karena mereka belum pernah melihat pantai eksotis di sepanjang garis pantai Malang Selatan.

Di Malang sendiri ada 39 pantai yang alami dengan dibalut dengan budaya yang kental & keramahan penduduk sekitar, sehingga para wisatawan mempunyai banyak pilihan untuk sekedar jalan – jalan di pantai atau benar benar berwisata pantai. Mungkin banyak yg gak percaya kalo di Malang ternyata ada 39 pantai. Dan menurut survey, warga malang sendiri banyak yang tidak tahu dengan nama – nama pantai baru tersebut. Karena yg sering masuk dalam daftar di media maksimal hanya ada 19 nama pantai dan ada 5 nama pantai yang paling sering dikunjungi wisatawan. Dan pantai-pantai yang lainnya, yang tahu hanya para Penggiat Jelajah Pantai di Malang & Para Nelayan di wilayah sekitar Pantai.

Ada banyak kelebihan dan kekurangan dengan travelling / jalan jalan di Pantai malang, kekurangannya yaitu jalan akses ke pantai sangat buruk dan berbahaya. Tetapi kelebihannya setelah kita sampai di Pantai tujuan, kita pasti berdecak kagum dengan Keseluruhan isi pantainya. Belum lagi, biaya travelling di pantai malang ini kategorinya sangat murah, hampir 70% pantai masuknya gratis. Maklum Karena masih belum ada fasilitas. Itu tandanya pantai di malang sih bener – bener alami. Jadi kalo mau datang ke Pantai di Malang, Harus bawa Liang Teh Cap Panda atau bawa perbekalan makanan yang lain, karena jarang sekali ada orang jualan. Biasanya yang banyak orang jualan, cuma di pantai – pantai yang notabene Mayor Label.

Tour Guide

Berawal dari kecintaan pada pantai dan banyaknya permintaan dari teman sebagai penunjuk jalan, akhirnya saya coba putuskan jadi tour guide part time khusus pelanggan. Dan pengalaman yang paling disenangi wisatawan adalah saat saya mengajak petualangan 1-days-4-beach atau 2-day-3-beach-2-island. Tapi jika wisatawan yang datang dengan karakter penikmat pantai, biasanya saya sarankan untuk mengunjungi Pantai Bolu – Bolu, yang letaknya di seberang pulau jawa. Dimana jalan menuju kesana hanya nelayan ikan yang tahu. Dan kita harus menyewa perahu nelayan dengan harga 100-150 ribu, sebagai ganti beli solar dan uang rokok. Disana tidak ada suara manusia, karena yang terdengar cuma suara burung dan terkadang suara ikan lumba – lumba yang berenang di tepian laut. Air nya tenang dan sangat direkomendasikan buat para pengantin baru yang mau berkemah, karena pulau tersebut tidak berpenduduk.

 Liburan 1 Hari di 4 Pantai dan 1 Pulau

Saat itu temen-temen semasa SMP mengadakan reuni kecil – kecilan. Lalu mereka mengajak ke pantai dengan tujuan awal Pantai Goa China, Sebenarnya cuaca siang ini sangat bersahabat buat bermain air dan ombak, tapi berhubung yang travelling temen – temen narsisme, jadi gak ada kegiatan lain selain foto – foto & berselfie ria. Setelah semua view pantai yang menawan sudah dijepret kamera, temen – temen pada ngajak pindah pantai. Gak tahu, apa definisi temen – temenku tentang arti wisata : )

1006188_4903327070949_1848575726_n984315_4280314144512_792506239_nyiiyiIki loh Te..(1) Ombak Pantai Gua China yang tingginya 2meter (2) didalam Gua China (3)Pantai Gua China

Setelah saya sudah basah- basahan sendiri, karena semua pada kering, mereka mengajak ke pantai berikutnya yang jaraknya sebenernya deket kalo jalan kurang lebih 2 km, tapi jika membawa kendaraan jaraknya sekitar 5km, karena harus berputar keluar dari area pantai Goa China. Cukup 12 menit kita sudah sampai di Pantai Tamban yang merupakan tujuan pantai ke – 2 untuk hari ini. Pantai Tamaban, menurut saya kurang terlalu bagus, karena lebih banyak perahu nelayan yang berjajar untuk disewakan & untuk melaut mencari ikan. Tapi di pantai ini ombaknya ramah, jadi buat temen – temen yang suka memancing, bermain jet ski, parasailing, diving, snorckling atau banana boat, pantai ini sangat saya referensikan. Sesampai di tamban, ritual para artis masih seperti biasanya. para manusia foto model ini berpose di depan kamera, sehingga background pantai nya gak terlalu keliatan.

375074_4280316544572_1197501519_nPantai Tamban

Melihat air laut yang tenang, aku gak betah untuk berenang. langsung aja aku naruh dompet + ponsel di mobil, kemudian ngambil pelampung leher, yang dilengkapi tabung gas otomatis & lampu air, buat prepare kalo air lautnya gak bersahabat, Jadi biar bisa tetep Panjang Umur. Berenang 500 meter ke tengah laut menjadi pantai seakan semakin jauh dan kecil. Sebelum kehabisan nafas kecapekan, aku berenang mendekati perahu nelayan yang mau menepi ke pantai, sambil aku teriak – teriak ” Pak, numpang… heyyy pak,numpang pak…” Dia noleh, dan langsung menghentikan perahunya, kemudian tangannya menarik aku naik ke atas perahu.

Orang baik itu pasti banyak rejekinya, kata pepatah sih gitu…

Berhubung aku & temen – temen mau sewa perahu untuk melanjutkan perjalanan berlayar ke pulau sempu, pak nelayan yg numpangi aku berenang yang akhirnya aku sewa perahunya. Untuk sewa kali ini tarifnya 200ribu rupiah. Memang kelihatannya Mahal, tapi setelah tahu itu sangat murah.  Soalnya, sewaktu saya akan naik perahu, pak nelayan itu mengisi solar 175 ribu rupiah. Ternyata boros juga ya, mesin boat perahu itu… Kalo kata Pak nelayan itu, kalo cuma ke Pulau Sempu solarnya diisi 50 ribu aja sudah cukup, itupun kalo air lautnya tenang, kalo pas ombak besar 75 ribu habis. Dan kali ini solarnya di isi 175 ribu, karena selain ke Pulau sempu, kita mampir juga ke Pantai Bajul Mati dan Pantai Sendang Biru.

942104_4280316744577_59584158_nKapal Titanic . . . Dan Ready To Gooooo…. (OTW dari Pulau sempu ke Pantai Sendangbiru)

Sebelum Perahu jalan, didorong dulu perahu ke air biar mesin boat nya bisa berfungsi. Semua dorong perahu, kecuali para wanita sosialita : ) 10 menit perjalanan dari Pantai tamban ke pulau sempu, ombak di tengah laut lebih tinggi daripada di tepi laut, sampai semua perutnya mual karena mabuk laut. Semakin perahu mendekat ke pulau sempu, semakin tenang perairannya. Pulau sempu, hanyalah sebuah pulau kosong tak berpenghuni. disini begitu sepi, pasirnya luas. Di danau – danau kecil di dalam pulau banyak sekali ikan jenis lele yang gampang sekali dipancing. Kami pun sampai di pulau sempu yang dipenuhi flora fauna limited edition. Temen – temen jalan masuk masuk ke hutan pulau sempu, setelah melewati pasir pantai datar yang sangat luas. sementara aku, tetep di pinggir pulau ngobrol sama pak nelayan yang nunggu kami jalan – jalan ke pantai. Saat temen – temen masuk, aku diajak pak nelayan melihat sisi – sisi yang sering terlewati oleh wisatawan dari pulau sempu. Diantaranya, sebuah kolam disisi pulau yang luasnya sekitar 100meter persegi, yang terjadi karena ombak besar. melihat kolam itu sangat jernih airnya. puluhan jenis ikan laut kecil dan besar terlihat dengan saat berenang. Jika aku berminat mengambil dengan tangan, mungkin sangat gampang. karena kolam itu ke dalaman nya hanya 1 jengkal tangan. Melihat sekeliling pulau sempu menggunakan perahu yang berjalan pelan, ada banyak sekali burung kakaktua yang nongkrong rileks di pepohonan, karang – karang yang tergambar indah oleh sapuan ombak air laut. Subhanallah, sangat eksotis … bukan erotis looo ya???

1/2 putaran pulau sempu dan saya kembali ke tempat semula untuk menjemput temen – temen. Rupanya temen – temen sudah siap di pinggir pantai pulau sempu, mereka pada lagi berfoto ria, biar update di social media, mulai facebook, twitter, instagram, path, friendfinder, google+ . . . padahal disini gak ada signal : )

Setelah satupersatu naik ke kapal titanic, nahkoda pun mulai menjalankan becaknya menuju Pantai Sendangbiru untuk menjalankan ibadah belanja Ikan Laut buat oleh – oleh di rumah …  #LOL : )

969512_104410559767100_40015228_n946991_4280314744527_707999379_n6001_104407089767447_971755526_nIni Pulau Sempu

Dari Pulau sempu ke Pantai Sendangbiru cuma memakan waktu 8 menit. Sebenarnya sendangbiru itu pantai paling jelek di malang, karena disini lebih didominasi kapal dan perahu nelayan. Pemandangan Pantai tertutupi oleh banyaknya parkiran perahu yang jadinya terlihat kumuh. Tapi inilah kenyataan dari sebuah Tempat Pelelangan Ikan, yang kedepan ditempat ini juga akan dibangun pelabuhan bagi kapal berbobot besar. Dan di pantai ini kami cuma mampir 30 menit buat belanja ikan segar yang harganya Muuuuuuurrrraaaaaaahhhh.. Recomended pokoknya. Kalo mau slametan belinya disini aja… #LOL : )

316206_4280316704576_2109953403_nRombongan Tengkulak ikan membawa Tas Plastik masing – masing di Pantai Sendangbiru

Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Pantai Bajul Mati yang jaraknya cuma memakan waktu 10 menit jika perjalanan laut. di pantai ini kesempatan terakhir temen – temen buat basah – basahan. karena jika terlalu sore, air laut sudah mulai surut. dan itu tandanya airnya gak ada. biasanya yang ada cuma keong,  ikan – ikan kecil, yang tercecer di kubangan batu karang. Walau hari mulai sore, tapi air laut masih terasa hangat. Dan tetap tak pernah lupa, sesi pemotretan, walau posisinya di air. contohnya seperti foto dibawah ini, yang foto close up tanpa butuh pemandangan laut. Kalo cuma foto kayak gini apa gak mending di kamar mandi aja???? #LOL : )

479753_4280336185063_1001077889_nMain Air di Pantai Bajul Mati

Sekarang semua uda pada main air dan basah, sementara waktu sudah menunjukkan jam 4 sore. Langsung aja kami ajak pak nelayan kembali ke pantai tamban. 12 menit perjalanan saja kami sudah sampai di pantai tamban. Teman – teman pada langsung ambil handuk, pakaian dan dilanjut ke toilet umum untuk mandi bilas. Sementara semua pada ngantri mandi, aku pergi ke toko kecil, untuk beli minuman. soalnya mulai tadi siang yang ada cuma air laut yang asin. Ngeliat Jenis minuman yang berjejer terliat Minuman kaleng gambar beruang ada tulisannya Liang Teh Cap Panda Akhirnya aku memilih membeli Liang Teh Cap Panda. Alhamdulillah Efeknya langsung terasa, tenggorokan gak panas. Mungkin tadi tenggorokan panas karena kebanyakan minum air laut  kali ya??? : )

tehpandaSetelah temen – temen selesai mandi, giliranku bilas. cuma 5 menit, semua selesai. dan Destinasi selanjutnya adalah perjalanan pulang dan mencari makan di pinggir jalan. Wisata pantai ini menurut temen – temen sangat menarik, karena bisa selfie- selfian terus, tapi bagi aku. ini gak lebih seperti acara foto prewedding… tapi gak apalah, kebersamaan itu mahal. Dan ini belum tentu terulang lagi dalam 3-4 tahun kedepan.

Terima Kasih, Thanks, Suwon, Tengkiyu, …

jembatan-pantai-bajul-matiJembatan Menuju Lokasi Pantai Malang Selatan

Tentang Kota Malang & Jalan – Jalan ke – 39 Pantai Eksotis -nya

Malang merupakan sebuah kota kecil di jawa timur. Malang merupakan kota kedua terbesar di Jawa timur setelah surabaya. Secara luas daerah memang kota Malang masuk kategori kota kecil, tapi jika kita menghitung luas wilayah Malang Raya yang daerahnya meliputi kota malang, kabupaten malang, dan Kota Batu, Malang raya merupakan wilayah yang super besar yang dilengkapi dengan keberagaman Budaya dan Keindahan wisata alamnya. Malang memiliki garis pantai sepanjang 102.5 km yang membujur disepanjang pantai selatan malang. Garis pantai tersebut terhitung mulai dari Pantai Mondanga di Kecamatan Donomulyo sampai Pantai Licin di Kecamatan Ampelgading. Kabupaten Malang.

Malang merupakan kota yang banyak terdapat pantai eksotis, dan hingga saat ini, masih banyak orang yang belum tahu dimana letak keberadaan pantai yang masih tergolong alami dan belum banyak terekspos. Ada 23 Pantai di Malang, yang sebelum mengikuti blog contest LIANG TEH CAP PANDA ini sebenarnya sudah saya tulis “di artikel ini (klik disini”  tapi disini saya lebih melengkapi artikel tentang pantai di wilayah malang.

1173795_10151657228723802_1344497365_n1185793_10151657228793802_193265011_nPicture (Pantai Goa China)

Pantai yang Cukup Banyak Dikenal

  1. Pantai Goa China di Kecamatan Gedangan (56 km dari Kota Malang)
    • Ombak yang Tinggi tapi banyak karang, sehingga tidak bisa untuk berselancar / surfing, Jalan menuju Pantai hanya 600 meter yang belum di aspal, tiket 5 ribu/orang. Pantai ini sangat direkomendasikan.
  2. Pantai Bajul Mati di Kecamatan Gedangan (57 km dari Kota Malang)
    • Lokasinya satu arah dengan pantai goa china. pantai ini tempatnya diantara pantai balekambang dan pantai sendangbiru. Pantai ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi1917595_1327240549567_1545791_n1917595_1327240669570_1921175_n1917595_1327240869575_4134486_n1917595_1327240789573_7555178_nJS copy
  3. Pantai Ungapan di Kecamatan Gedangan (62 km dari Kota Malang)
    • Lokasinya dekat dengan pantai bajul mati, tepatnya diantara pantai Goa China dan pantai bajul Mati. Pantai ini menyerupai pantai kuta di bali. Tapi disini masih sangat sepi, bersih dan alami.
  4. Pantai Wonogoro di Kecamatan Gedangan (69 km dari Kota Malang)
    • Pantai ini jalannya  satu arah dengan menuju pantai balekambang, pantai kondangmerak dan pantai nganteb. View standart dan tidak terlalu bagus. Bagi yang suka memancing, anda bisa memancing di muara sungai dekat pantai wanogoro.
  5. Pantai Balekambang di Kecamatan Bantur (57 km dari Kota Malang)
    • Pantai balekambang merupakan pantai yang paling banyak dikunjungi dan paling banyak dikenal. Ada pulau kecil diseberang pantai yang juga terdapat pura. Wahana baru seperti persewaan ATV dan flying fox merupakan daya pikat tersendiri bagi para wisatawan yang berlibur ke pantai ini.Pantai Balekambang
  6. Pantai Kondang Merak di Kecamatan Bantur (59 km dari Kota Malang)
    • Cocok buat snorkling dengan pemandangan bawah laut yang sangat menawan. Tapi jalan menuju lokasi cenderung berlumpur di musim hujan.
  7. Pantai Ngliyep di Kecamatan Donomulyo (62 km dari Kota Malang)
    • Pantai ini sangat banyak dikunjungi wisatawan, ada banyak kegiatan ritual keagamaan di hari besar agama islam / hindu. Ombak di pantai ini sangat tinggi. Dan akses menuju pantai ngliyep sangat bagus.
  8. Pantai Jonggring Saloko di Kecamatan Donomulyo(63 km dari Kota Malang)
    • Dipantai ini terdapat fenomena alam yang diklaim merupakan satu – satunya di dunia, yaitu pertemuan 2 arus air pada batu karang, sehingga mengeluarkan semburan air ke angkasa dan suara semburan air itu hingga radius 6 – 8 km.
  9. Pantai Ngebros di Kecamatan Donomulyo (65 km dari Kota Malang)
    • Pantai ini lokasinya dekat dengan Pantai Jonggring Saloko. Obyek wisata tujuan utama di pantai ini adalah Teluk Menjangan, Kondang towo dan gunung Pacar.
  10. Pantai Kondang Iwak di Kecamatan Donomulyo (65 km dari Kota Malang)
    • Jalan masih berupa bebatuan yang sulit dilewati, tapi Pantai ini sangat eksotis, alami, bersih, sepi dan mengagumkan.
  11. Pantai Kondang Bandung di Kecamatan Donomulyo (65 km dari Kota Malang)
    • Keindahan Pantai ini adalah dari hamparan pasir hitamnya.
  12. Pantai Modangan di Kecamatan Donomulyo (67 km dari Kota Malang)
    • Pantai ini terletak di perbatasan Kab. Malang dan Kab. Blitar. Ada muara sungai di bibir pantai modangan. Pantai ini masih sangat alami.
  13. Pantai Sendang Biru Kecamatan Donomulyo (70 km dari Kota Malang)
    • Pantai ini terkenal karena ada Tempat Pelelangan Ikan dan di pantai ini merupakan akses terdekat untuk menuju ke pulau sempu. Ada banyak kapal nelayan, sehingga pantai ini pemandangannya kurang menarik.
  14. Pantai Bantol di Kecamatan Pagak (56 km dari Kota Malang)
    • Akses Jalan sangat bagus. Pantai ini terkenal dengan penghasil udang lobster. Jika anda suka lobster, kami sarankan untuk mengunjungi Pantai Bantol. Di pantai ini juga ada danau yang merupakan muara dari beberapa sungai yang melewati hamparan hutan jati.
  15. Pantai Tamban di Kecamatan Sumbermanjing Wetan (65km dari Kota malang)
    • Akses jalan sangat baik. untuk pemandangan tidak terlalu menawan, cuma jasa para nelayan disini yang membuat wisatawan merasa nyaman. karena nelayan mayoritas juga sebagai guide wisata. Para nelayan bisa mengantarkan wisatawan yang ingin memancing, bermain jet ski, parasailing, diving, snorckling  dan surfing di wilayah yang sulit dijangkau, dengan menggunakan jasa sewa perahu milik nelayan.
  16. Pantai Tambak Asri di Kecamatan Sumbermanjing Wetan (64km dari Kota malang)
    • Pantai ini sama seperti pantai sidoasri, juga dikenal dengan nama pantai perawan. Lokasi nya bersebelahan dan karakteristik pantainya hampir sama. Pantai ini ditemukan anak mahasiswa Universitas Merdeka Malang yang sedang Praktek Kerja Nyata di Kecamatan Sumbermanjing Wetan.
  17. Pantai Rawa Indah di Kecamatan Sumbermanjing Wetan (68km dari Kota malang)
    • Akses jalan masih makadam. Pantai ini cukup dikenal tapi sepi pengunjung, karena akses jalan yang sangat sulit ditempuh dengan kendaraan roda 4.
  18. Pantai Jembatan Panjang di Kecamatan Bantur (57 km dari Kota Malang)
    • Di Pantai ini terdapat jembatan panjang yang menghubungkan pulau kecil diseberang pantai, yang konon menurut cerita, jembatan itu tidak bisa diperbaiki/ direnovasi. Dan jika diperbaiki, maka akan langsung rusak (patah).
  19. Pantai Licin di Kecamatan Ampelgading (67 km dari Kota Malang)
    • Jalan menuju pantai ini sangat jelek dan sangat beresiko bagi keselamatan pengguna jalan. Karena jalan yang masih bebatuan dan berkelok – kelok. Pasir di Pantai ini berwarna hitam, dikarenakan pasir pantai berupa pasir dari muntahan lahar gunung semeru. Pantai ini sangat dekat sekali dengan gunung semeru.
  20. Pantai Lenggoksono di Kecamatan Tirtoyudo (69 km dari Kota Malang)
    • Jalan menuju Pantai sudah diaspal dan pemandangan menuju lokasi, kita disuguhi pepohonan cengkeh. karena daerah ii merupakan pusat perkebunan cengkeh.
  21. Pantai Sipelot Kec. Tirtoyudo (70 km dr Kota Malang)
    • Ke Pantai ini Gratis. Tidak ada tiket masuk. Pasir pantai di pantai sipelot membentang seluas 2km.
  22. Pantai Ngantep di Kecamatan Gedangan (71km dari Kota Malang)
    • Akses Jalan masih bebatuan dan jika hujan jalan berlumpur. Tiket masuk ke pantai ini 5.500 rupiah. Pantai ini sangat direkomendasikan bagi para peselancar pemula.
  23. Pantai Nglurung di Kecamatan Donomulyo (68 km dari Kota Malang)
    • Pantai ini terletak di sebelah pantai ngliyep. Pantai ini terkenal dengan Tempat Penangkapan IkanPantai NglurungPantai Nglurung

Pantai Baru Yang Dibuka / Belum Banyak Dikenal

  1. Pantai Batu Bekung Kab. Malang
  2. Pantai Pandan di sekitar Kecamatan Bantur (60 km dari Kota Malang)
    • Lokasinya bersebelahan dengan pantai Mrutu. Hanya dibatasi  Bukit yang tidak terlalu tinggi.
  3. Pantai Mrutu di sekitar Kecamatan Bantur (62 km dari Kota Malang)
    • Dipantai ini banyak sekali Nyamuk. Pantai ini sangat kecil, Mungil dan Ombak sangat pelan dan halus.
  4. Pantai Wedi Awu  di Kecamatan Tirtoyudo (70 km dari Kota Malang)
    • Pantai ini biasa disebut dengan nama pantai Balearjo. Balearjo adalah nama desa di daerah pantai ini. Akses Jalan menuju pantai sangat bagus, semua sudah di aspal. Pantai sangat bersih dan dekat dengan pemukiman penduduk.
  5. Pantai Mbehi di Kecamatan Bantur (59 km dari Kota Malang)
    • Lokasi pantai satu arah  dengan pantai Kondang Merak. Pantai ini tergolong alami dan sepi pengunjung.
  6. Pantai Watu Leter di Kecamatan Sumbermanjing Wetan (60 km dari Kota Malang)
    • Pantai ini letaknya bersebelahan dengan pantai goa china. Akses jalan sangat sulit, terutama untuk kendaraan jenis roda4. jadi kalo mau ke pantai watu leter memakai sepeda motor saja. Air di pantai ini sangat dingin dan tenang. Di pantai ini juga merupakan lokasi pelepasan penyu jenis abu – abu, karena lokasinya yang masih sangat sepi. Pantai ini sangat kami rekomendasikan bagi wisatawan.
  7. Pantai Clungup di Kecamatan Sumbermanjing Wetan (65 km dari Kota Malang)
    • Lokasinya dekat dengan pantai goa china. Pantai ini cukup asri dan tenang, karena hampir tidak ada orang yang mengunjungi. Ombak yang tenang dan pasir yang putih membentang.
  8. Pantai Sendiki di Kecamatan Sumbermanjing Wetan (71km dari Kota malang)
    • Pantai ini dekat dengan pantai tamban dan tergolong sangat alami
  9. Pantai Perawan Sidoasri di Kecamatan Sumbermanjing Wetan (60km dari Kota malang)
    • Sesuai namanya, pantai ini masih sangat alami belum ada apapun disana selain alam yang perawan. Pantai Sido Asri 2Pantai Sido Asri
  10. Pantai Jelangkung di Kecamatan Gedangan (64km dari Kota Malang)
    • Ombak di pantai ini sangat besar dan berbahaya, akses jalan menuju pantai sangat tidak bersahabat buat para wisatawan.
  11. Pantai Ngudel di antara kecamatan Sumbermanjing dan Donomulyo (70km dari Kota malang)
    • Pantai nya masih alami dan hamparan pasir putihnya sangat bersih.
  12. Pantai Kipas di Kecamatan Bantur (59 km dari Kota Malang)
    • Pantai ini sangat menarik karena kilauan pasir pantai  yang bergelombang karena ombak. Angin di pantai ini selalu berhembus semilir dan tidak terlalu kencang.
  13. Pantai Regent di Kecamatan Bantur (57 km dari Kota Malang)
    • Pantai ini lokasi nya di dekat pantai balekambang. dari pantai balekambang tinggal jalan kaki dari bibir pantai.
  14. Pantai Bolu – Bolu di Kecamatan Sumbermanjing wetan (69 km dari Kota Malang)
    • Letaknya diseberang pantai lenggoksono. untuk mencapainya harus naik perahu nelayan. Pantai ini begitu tenang dan jarang dikenal, karena akses menuju pantai ini yang sulit.
  15. Pantai Bengkung di Kecamatan Gedangan (57 km dari Kota Malang)
    • Lokasi pantai ini dekat dengan pantai bajul mati. Jika dari pantai bajul mati, untuk mencapai pantai bengkung bisa ditempuh dengan jalan kaki sejauh 2-3 kilometer dari tepi pantai bajul mati.
  16. Pantai Taman Ayu di Kecamatan Bantur (57 km dari Kota Malang)
    • Pantai ini terkenal sebagai tempat memancing dan berkemah. Dan tempat ini dikenal media sejak ada penemuan bangkai ikan paus yang bau amis nya hingga tercium di hampir seluruh desa terdekat.
  17. Pantai Tanger di Kecamatan Tirtoyudo (71 km dari Kota Malang)
    • Pantai ini satu arah dengan pantai lenggoksono. akses jalan lumayan baik, tapi banyak jalan beraspal yang sudah mulai rusak.

Pantai – pantai yang eksotis itu saat ini masih belum banyak dikenal karena hampir semua kawasan garis pantai di Malang Selatan pengelolaannya masih dalam naungan Pihak Perhutani. Sementara Pengelolaan Pemkab Malang di wilayah Pantai hanya meliputi Pantai Balekambang dan Pantai Ngliyep. Jadi Promosi dan Pembangunan fasilitas wisata hampir belum tergarap sama sekali. Dan deretan pantai – pantai eksotis yang baru, sebenarnya yang tahu mayoritas hanya nelayan. Dan jika ada wisatawan datang ingin menuju lokasi, maka Guide nya adalah nelayan yang merupakan penduduk asli disekitar pantai. Jika anda datang ke Malang dan ingin berwisata bisa hubungi saya, nanti bisa saya bantu, apa aja yang akan anda butuhkan. Dan tentunya saya tidak kenakan biaya apapun. Terima Kasih.

patokmalang-dlmGambar Monumen / Patok Titik Nol Kota Malang

Daftar Pustaka : data diatas saya dapat saat mengikuti Kegiatan ” Pantai Malang Adventure 2012 ” dan data jarak dari pusat kota malang ke pantai, dihitung dari titik Nol kota Malang yang berada tepat di Jalan Merdeka Timur Malang, yang letaknya dibawah Jembatan Penyebrangan depan kantor Pajak Pratama Kotamadya Malang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s