Beban Wirausaha

Dulu pernah bermimpi menjadi wirausahawan yang membawa impact positif bagi islam & indonesia. Tapi setelah waktu allah mengijinkan ku menjadi wirausaha pemula & semua mulai berjalan, banyak tantangan yg sulit & pahit. Ada pesimis, lelah, frustasi. Kadang berpikir berontak karena tujuanku bukan sebuah harta & ekonomi yg baik. Semakin aku hanya berusaha ikhlas. Cobaan semakin sulit. Banyak hal diluar nalar muncul dengan persetujuan Allah swt. 

Ya … semua masalah diciptakan sebagai penguji hambanya. Mungkin, Secara grade aku dinaikkan levelnya nya, meskipun secara ekonomi & matematika masih tetap. Atau mungkin ini karma atas dosa ku yang dulu. Karena hanya allah dan aku yang tahu antara perbedaan Rejeki, Cobaan / Ujian & Karma.

Hari tiap hari berjalan, usaha ini yang awalnya hanya hobby. Kini sudah menjadi hobby yang menghasilkan. Karena hobby yang dilakukan dg ketekunan akan berbuah hasil yang manis. 

Tapi passion akan pekerjaan itu sudah mulai pudar, bukan karena apapun. Tapi karena bisnis yang sehat, adalah bisnis yang selalu di up grade. 

Yang awalnya hobby kuliner & marketing, Kini aku harus belajar negosiasi, management, akutansi, bahasa inggris,management man power,dll.

Kadang sewaktu semua ide & semangat mati, aku ingin kembali ke titik awal dimana aku menikmati semua sebagai seniman. Bukan sebagai pengusaha/bisnisman.

Dalam seni, tidak ada caci maki yang frontal. Dalam bisnis, tiap detik adalah pelayanan, inovasi & kompetensi. 

Ingin balik kanan, tapi ada beban tanggung jawab yang besar, yaitu Karyawan. Jika aku berbalik arah, bagaimana nasib karyawanku yang menyandarkan penghasilan kepada perusahaan ini ? 

Aku bukan petarung, mungkin aku hanya seniman pemula, Yang hanya mencari ketenangan & ridho allah swt. 

Ya allah semua darimu & akan kembali padamu. Aku hanya amanah darimu untuk menyampaikan sedikit amanah darimu. Semoga dengan beban ini, bisa menghapus sedikit dosa – dosa ku.

Hal yang menakutkan & buat drop dlm bisnis bagiku adalah :

  1. Saat memberikan penawaran gaji yang minim menurutku
  2. Saat H – 1 gajian, tapi tidak punya Kas, tidak punya Uang / aset.
  3. Saat akan memberhentikan karyawan dengan alasan apapun.
  4. Saat konsumen kecewa dengan produk / pelayanan.
  5. Saat allah swt membuat skenario diluar nalar manusia.

Ya allah, jadikan para pengusaha / entreprenuer adalah orang yg engkau ridhoi. Karena yang aku tahu, dipundaknya bergantung tanggung jawab yang kau berikan untuk rejeki pekerjaan bagi banyak orang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s